Wakili Bupati Kampar

Asisten Administrasi Umum  Setda Buka Musrenbang RKPD Kabupaten Kampar Tahun 2022

Asisten Administrasi Umum Setda Kampar Syamsul Bahri membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Kampar Tahun 2022 dalam rangka Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) di Aula Rumah Dinas Bupati Kampar. Selasa,  (30/3/2021)

BANGKINANG--(KIBLATRIAU.COM)-- Pemerintah Kabupaten Kampar dalam hal ini, Bupati Kampar yang diwakili oleh Asisten Administrasi Umum Setda Kampar Syamsul Bahri membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Kampar Tahun 2022 dalam rangka Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) di Aula Rumah Dinas Bupati Kampar. Selasa,  (30/3/2021).

Asisten Administrasi Umum Setda Kampar saat membacakan pidato Bupati Kampar mengingatkan agar dalam menyusun program dan kegiatan mempedomani tema pembangunan Kabupaten Kampar Tahun 2022 serta prioritas pembangunan Kabupaten Kampar yang telah disusun baik pada dokumen RPKMD maupun renstra masing-masing perangkat daerah.

“Bupati Kampar juga berpesan agar forum strategis hari ini dimanfaatkan secara maksimal. Selain itu, menjadi ruang diskusi konstruktif dalam melahirkan berbagai gagasan solutif untuk menjawab berbagai isu strategis pembangunan," ungkap Syamsul Bahri saat membacakan pidato Bupati Kampar.

Dijelaskan Syamsul, bahwa hasil pelaksanaan Musrenbang RKPD ini sangat berkaitan erat dengan R-APBD Kabupaten Kampar Tahun Anggaran 2022. Untuk itu diminta kepada pejabat yang terkait dalam penyusunan dokumen perencanaan agar tetap konsisten dengan apa yang telah disepakati sehingga APBD Kabupaten Kampar Tahun Anggaran 2022 dapat disusun dan dilaksanakan sesuai prosedur, mekanisme peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

Sebelumnya Asisten Administrasi Umum Setda Kampar menjelaskan bahwa RKPD Kabupaten Kampar yang disusun saat ini merupakan dokumen perencanaan daerah tahun 2022, yang didasari oleh arah kebijakan pembangun daerah pada RPJMD Kabupaten Kampar Tahun 2016-2022 dengan memperhatikan prioritas pembangunan nasional dan prioritas pembangunan Provinsi Riau.

“Musyawarah perencanaan pembangunan merupakan salah satu rangkaian proses perencanaan pembangunan yang bersifat partisipatif dalam pelaksanaan dimulai dari tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi dan nasional," harap Syamsul Bahri 

Selain itu juga Asisten Administrasi Umum Setda Kampar memaparkan tema pembangunan Tahun 2022 adalah mendorong percepatan pemulihan ekonomi dalam menjalankan kehidupan normal yang baru dengan fokus pada peningkatan efisiensi pembangunan dan produktivitas masyarakat yang berbasis pada pengembangan pertanian, industri, parawisata dan investasi, memperkuat sistem kesehatan daerah, pengembangan sumberdaya manusia yang berbudaya, bertaqwa dan berdaya saing, pengembangan wilayah dan infrastruktur yang terintegrasi, pengelolaan sumberdaya alam yang berwawasan lingkungan dengan prioritas pembangunan sebagai berikut :
1. Pemulihan dampak pandemi   Covid-19 secara berkelanjutan sesuai dengan tatanan kehidupan normal baru.
2. Peningkatan kualitas hidup dan kapasitas sumber daya manusia terutama dalam bidang kesehatan, pendidikan, kebudayaan dan keagamaan. 
3. Membangkitkan ekonomi kreatif berbasis potensi unggulan daerah. 
4. Peningkatan infrastruktur dan daya dukung lingkungan hidup.
5. Peningkatan pelayanan publik dan kehidupan sosial yang agamis dan berbudaya. 

Di sela-sela acara Musrenbang ini juga di laksanakan launching satu data satu peta dan penandatanganan kesepakatan Musrenbang RKPD 2022.

Musrenbang ini juga dihadiri oleh anggota DPR RI Syahrul Aidi Maazad, Lc, MA, Anggota DPD RI Edwin Pratama Putra SH, anggota DPRD Provinsi Riau Daerah pemilihan Kabupaten Kampar, Ketua DPRD Kabupaten Kampar Muhammad Faisal ST, staf Ahli Bupati Kampar, Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kampar, organisasi kemasyarakatan. 

Kemudian diikuti secara virtual oleh Direktur perencanaan evaluasi dan Informasi Pemerintah Daerah Kemendagri RI Drs Nyoto Suwigno, MM, Forkopimda Kabupaten Kampar, Kepala Balitbang yang diwakili oleh Kepala Bidang Perekonomian dan sumberdaya alam Bappedalitbang Provinsi Riau, Tim ahli dari Universitas Riau, Camat dan delegasi kecamatan. (Rls/Hen)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar